Translate

Minggu, 05 Oktober 2014

TUGAS KELOMPOK 5 SOFTSKILL"PENGANTAR BISNIS"1EB35

TUGAS PENGANTAR BISNIS
 “Pengertian 4P dan 7P Pengertian dan Jenis-jenis Pasar” 


A. Pengertian dan Penjelasan mengenai 4P dan 7P
Bauran Pemasaran – Strategi 4P & 7P Perusahaan Bauran pemasaran atau biasa juga disebut dengan marketing mix, merupakan strategi dasar manajemen pemasaran yang ditetapkan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya.
==> Bauran pemasaran ini terdiri dari 4 macam yang biasa disingkat dengan 4P & 7P, yaitu:
1.Product,
2.Price,
3.Place,
4.Promotion,
5.people,
6.process,
7.dan physical evidence
  •  Konsep Bauran Pemasaran  
  • Product  mengacu pada value yang terdapat pada produk tersebut, bagaimana produk tersebut memenuhi kebutuhan konsumen, serta penanganan kualitasnya. 
  •  Price mengacu pada harga produk tersebut agar konsumen rela mengorbankan uangnya untuk membeli produk tersebut. Hal ini juga mencakup strategi penentuan harga produk tersebut agar bisa bersaing dengan produk kompetitor. 
  • Place  mengacu pada tempat produk tersebut dipasarkan, bagaimana agar tempatnya bisa dijangkau oleh konsumen. 
  •  Promotion  merupakan konsep bauran pemasaran yang terakhir, mengacu pada cara mempromosikan produk tersebut agar diterima konsumen dan melakukan pembelian. yang dapat dikomunikasikan melalui informasi secara persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian seperti memasang iklan dan publisitas. 
  •  People  merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. ====> Faktor lainnnya dalam people: 
a. attitude sangat penting, Misal: penampilan karyawan dalam berpakaian,
cara berbicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata ketika berhadapan dengan konsumen
b. dan motivation dari karyawan dalam industri jasa diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
  • Process Merupakan mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja. 
  • Physical Evidence Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter . ===> Perhatian terhadap interior, seperti: -perlengkapan bangunan, -termasuk lightning system, dan -tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.  

Sumber: buku Basic Marketing: A managerial approach karangan McCarthy, semoga bermanfaat. http://www.manajemenperusahaan.com/bauran-pemasaran-4p/ http://rifkiemuhammad.blogspot.com/2012/11/bauran-pemasaran-7p_8878.html B.


Pengertian Pasar dan Jenis-Jenisnya Pengertian pasar 
  • Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di pasar tersebut antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi.  
Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.
Syarat terjadinya transaksi:
- ada barang yang diperjual belikan
-ada pedagang, ada pembeli
-ada kesepakatan harga barang
-dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Jenis-Jenis Pasar
 a. Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya.
Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu:
*Pasar Nyata. Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
 Contoh: -pasar tradisional -dan pasar swalayan.

*Pasar Abstrak (Pasar tidak nyata). Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja.
Contoh: -pasar online -pasar saham -pasar modal -dan pasar valuta asing.

b. Jenis pasar menurut cara transaksinya.
 Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi:
• Pasar Tradisional Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
• Pasar Modern Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya: -di mall -plaza, -dan tempat-tempat modern lainnya.

 c. Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya.
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu. Misalnya:
a.pasar hewan
b.pasar sayur
c.pasar buah
d.pasar ikan
e.dan daging serta pasar loak.

d. Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi.
Menurut keluasaan distribusinya, barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
• Pasar Lokal
• Pasar Daerah
• Pasar Nasional dan
• Pasar Internasional (Pengertian dan Macam-macam Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya)

e.Pasar menurut struktur dibedakan menjadi 4:
  • a. Pasar Persaingan Sempurna Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar. Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri berikut ini. 
1) Banyak penjual dan pembeli.
2) Barang yang diperjualbelikan sejenis (homogen).
3) Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar.
4) Harga ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar.
6) Tidak ada campur tangan pemerintah. Contoh pasar persaingan sempurna antara lain pasar hasil-hasil pertanian.
  • b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna 
Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli. Pada pasar ini penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjualbelikan jenisnya heterogen (berbagai jenis barang). Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai beberapa bentuk pasar.
  •  c) Pasar Monopoli Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu. 
Pada pasar monopoli terdapat ciri-ciri berikut ini:
a) Hanya ada satu penjual sebagai pengambil keputusan harga (melakukan monopoli pasar).
b) Penjual lain tidak ada yang mampu menyaingi dagangannya.
c) Pedagang lain tidak dapat masuk karena ada hambatan dengan undang-undang atau karena teknik yang canggih.
d) Jenis barang yang diperjualbelikan hanya semacam.
e) Tidak adanya campur tangan pemerintah dalam penentuan harga,
contoh: PT Pertamina (persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Kereta Api (persero).
  • d) Pasar Persaingan Monopolistis
Pasar Persaingan Monopolistis adalah pasar dengan banyak penjual yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Pasar ini banyak dijumpai pada sektor jasa dan perdagangan eceran.
Misalnya : jasa salon, angkutan, toko obat/apotik, dan toko kelontong.
Pada pasar persaingan monopolistik terdapat ciri-ciri berikut ini:
a) Terdiri atas banyak penjual dan banyak pembeli.
b) Barang yang dihasilkan sejenis, hanya coraknya berbeda. Contoh: sabun, pasta gigi, dan minyak goreng. c) Terdapat banyak penjual yang besarnya sama, sehingga tidak ada satu penjual yang akan menguasai pasar.
d) Penjual mudah menawarkan barangnya di pasar.
e) Penjual mempunyai sedikit kekuasaan dalam menentukan dan memengaruhi harga pasar. f) Adanya peluang untuk bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual.
  • e. Pasar Oligopoli 
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.
Contoh: perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen.

Pasar oligopoli mempunyai ciri-ciri berikut ini:
a) Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
b) Produk-produknya berstandar.
c) Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d) Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.


Sumber: http://www.g-excess.com/pengertian-dan-macam-macam-pasar-menurut-bentuk-dan-strukturnya.html http://ejjaaizz.blogspot.com/2011/03/pengertian-pasar-dan-jenisnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar